Wat Ratchanatdaram

 

PROMO PAKET BANGKOK !

Wat Ratchanatdaram

 

Wat Ratchanatdaram merupakan candi Buddha yang terletak di persimpangan antara Ratchadamnoen Klang dan Maha Chai Road, di Phra Nakhon kabupaten, Bangkok. Candi ini dibangun oleh perintah Raja Nangklao (Rama III) untuk cucu putri, Somanass Waddhanawathy pada tahun 1846. Menjulang setinggi 36 meter dengan 37 tiang runcing membuat kuil ini tampak mencolok jika dilihat dari Rachamanoen Road. Ujung-ujungnya yang runcing merupakan simbol kebenaran menuju cahaya atau yang biasa disebut warga Thailand sebagai Bodhipak Khiyadhamma.
Kembali ke abad-abad terdahulu, yaitu sekitar pertengahan abad ke 19, Raja Rama III memerintahkan pembangunan kuil ini sebagai hadiah untuk MC Somanas, yang kemudian naik tahta dan mendapatkan gelar Putri Somanas Vadhanawadi. Kemudian, pada saat pemerintahan Raja Rama V dan VI, ujung-ujung tiang yang runcing semakin dipercantik. Tentu saja, hal itu membuat kuil ini tampak jauh lebih megah dari sebelumnya.

Di dalamnya, terdapat aula pentahbisan dengan pilar-pilar persegi panjang, Kemudian, terdapat pula Loha Prasat sebagai tempat suci di bangunan ini. Jika naik ke lantai atas, tepat di tengah-tengah, pengunjung akan menemukan beberapa patung Budha. Replika lain patung ini sebenarnya juga bisa ditemukan di India dan Sri Lanka. Namun, ternyata hampir semua mengalami kerusakan, membuat patung di Wat Ratchanatdaram Worawihan menjadi satu-satunya yang tersisa diantara jenisnya.
Selain karena ujung-ujung tiangnya yang runcing dan berjumlah banyak, kuil ini juga dikenal akan pasar jimatnya. Hampir semua orang yang membutuhkan jimat akan pergi ke tempat ini karena banyak pedagang di sekeliling menjual jimat berbagai ukuran, bentuk, dan berbagai kegunaan.

Wat Ratchanatdaram adalah kuil Budha yang terletak di persimpangan antara Ratchadamnoen Klang dan Maha Chai Road, di distrik Phra Nakhon, Bangkok. Berarti Kuil dari Keponakan Kerajaan, kuil ini dibangun atas perintah Raja Nangklao untuk cucu perempuan, Somanass Waddhanawathy pada tahun 1846